LinkedIn

Mahasiswa sekarang bukan hanya membangun citra dan relasi di dunia nyata saja. Kemajuan teknologi membantumu untuk melakukan hal itu di dunia maya. LinkedIn merupakan salah satu media sosial yang bisa kamu gunakan untuk membangun citra dan relasi di dunia maya. Pengguna LinkedIn merupakan orang-orang profesional, pencari kerja dan orang-orang hebat lainnya. Meskipun kamu masih berstatus mahasiswa, tapi kamu wajib punya akun LinkedIn, kenapa? Simak ulasannya di bawah ini


1. Lewat Media Sosial Profesional ini Kamu Bisa Meningkatkan Personal Brand 


img source: linkedin.com
Personal brand sangat penting buat setiap orang, termasuk buat kamu yang masih berstatus mahasiswa. Personal brand memiliki makna yang amat penting untuk membedakan diri kita dengan orang lain. Tidak semua orang memiliki personal brand yang bagus, namun orang-orang sukses di seluruh dunia memiliki personal brand yang bagus. Berarti dapat disimpulkan bahwa personal brand dapat mencerminkan seberapa baik dirimu. Salah satu cara meningkatkan personal brand ialah mengoptimalkan akun media sosial. Media sosial profesional linkedin tentu sangat cocok buat membangun personal brand karena informasi tentang dirimu bisa kamu maksimalkan di sana, seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, prestasi dan penghargaan, kemampuan dan lainnya. Kemudian, aktiflah untuk menulis artikel dan berdiskusi dengan pengguna lainnya.


2. Kamu Bisa Terhubung dan Belajar dari Orang yang Sukses Pada Bidang yang Kamu Minati

img source: orchard.co.uk
Tahun 2016, pengguna Linkedin di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 450 juta pengguna dan sekitar 8 juta orang pengguna merupakan orang Indonesia. Sebagian pengguna Linkedin merupakan orang-orang profesional dari berbagai latar belakang seperti finance & banking, IT, consulting, marketing, dengan berbagai posisi, mulai dari staff, manajer hingga CEO. Kamu bisa terhubung dengan mereka yang sukses pada bidang yang kamu minati. Mintalah permintaan untuk terhubung dengan mereka dengan sopan, caranya perkenalkan dirimu dan maksud kamu kenapa ingin terhubung dengan mereka. Setelah itu, pelajari lebih banyak seperti apa aktivitas mereka dan apa saja kemampuan yang perlu kamu miliki untuk bisa sukses di bidang tersebut.


3. Mengenal Lebih Dekat Perusaahan Impianmu


img source: metro-onliine.co
Saat ini, perusahaan-perusahaan di dunia termasuk di Indonesia mayoritas sudah memiliki akun Linkedin. Kamu bisa mem-follow akun perusahaan tersebut dan menggali seluk beluk tentang perusahaan impianmu mulai dari aktivitas utama perusahaan, visi misi, penghargaan yang diraih perusahaan bahkan informasi lowongan kerja bisa kamu dapatkan di sana. Informasi tersebut dapat kamu gunakan ketika kamu melamar ke perusahaan tersebut, karena tidak jarang saat proses wawancara kamu akan ditanya tentang seluk beluk perusahaan tersebut.



4. Pilih Melamar atau Dilamar?

img source: thenextweb.com
Tidak jarang bahwa saat ini sangat banyak recruiter yang memanfaatkan LinkedIn untuk merekrut karyawan di perusahaan mereka. Alih-alih mencari pekerjaan, perusahaan malah akan merekrut orang-orang yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang relevan dengan apa yang mereka butuhkan. Yang penting, buat profilmu berkualitas dengan menampilkan foto resmi, pengalaan-pengalaman yang berhubungan dengan minat pekerjaanmu, penghargaan yang pernah kamu raih serta perbanyak tulisan-tulisan yang bermanfaat di LinkedIn.



5. Yang Paling Penting Kamu dapat Menambah Relasi dengan Orang-Orang Profesional


img source: huffingtonpost.com
Media sosial sudah tentu akan menambah banyak relasi buatmu, namun melalui LinkedIn kamu bisa menambah relasi dengan orang-orang profesional. Selain profesional yang sudah bekerja, kamu juga bisa menambah relasi dengan mahasiswa-mahasiwa hebat lain. Kamu bisa bertukar informasi dengan cara mengeksplorasi profil mereka, LinkedIn bak CV online yang memuat berbagai informasi penting yang berguna sebagai bekal masuk ke dunia kerja.

Wah, keren kan kalo kamu punya akun LinkedIn? Banyak manfaat yang bisa kamu dapat di sana dan juga kamu bakal terlihat lebih profesional di mata orang. 
Share on Google Plus

About Yandri Ferdiansyah

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar